Pengelola TV Kabel di Indonesia Dipenjara karena Tayangkan Program Sepak Bola Tanpa Izin

- 24 November 2021, 11:47 WIB
Ilustrasi menayangkan progeram ilegal dipenjara.
Ilustrasi menayangkan progeram ilegal dipenjara. /Istimewa

TOPSKOR - Pengelola TV Kabel Lokal (Local Cable Operator), Sdr La Boba, di Kalimantan Timur dijatuhi hukuman pidana tiga tahun penjara disertai denda Rp500 juta.

Itu karena dia telah menyiarkan tayangan secara ilegal. Hukuman diputuskan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Balikpapan untuk mereka yang ada di balik PT. Bukadri Vision (BKV).

Dari persidangan tersebut, terungkap, jika perbuatan terdakwa telah memenuhi unsur tindak pidana pelanggaran hak cipta. Hal itu diatur dalam Pasal 113 ayat (3) juncto Pasal 9 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang hak cipta.

Keputusan hakim Pengadilan Negeri Balikpapan ini sama seperti yang dituntut oleh Jaksa, yakni pidana tiga tahun, dan denda Rp500 juta, dengan subsider enam bulan hukuman penjara.

Baca Juga: 10 Tim yang Gemilang di Eropa tapi Menderita di Liga Sendiri, Real Madrid 3 Kali Mengalami

Pengelola TV Kabel Lokal di Kalimantan Timur itu melakukan perbuatan melanggar hukum karena telah menayangkan program milik MOLA Content & Channels. Mereka melakukan kegiatan itu dengan tujuan komersial tapi tidak mengantongi izin dari MOLA TV.

Tim kuasa hukum MOLA, Uba Rialin menegaskan, keputusan hakim ini adalah momentum penting untuk memberi kepastian hukum akan pemegang hak cipta tayangan. Dia memberi apresiasi kepada para penegak hukum dan majelis hakim atas kerja keras yang dilakukan.

Baca Juga: Haris Seferovic Gagal Cetak Gol ke Gawang Kosong Barcelona, Benfica Tetap Yakin ke Babak 16 Besar

Halaman:

Editor: Taufani Rahmanda


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X