Perkara WADA, Menpora Akan Beri Sanksi Tegas kepada Pihak yang Terbukti Bersalah

- 18 Oktober 2021, 17:15 WIB
Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual terkait sanksi WADA ke Indonesia dan pembentukan satgas khusus pada Senin (18/10/2021).
Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual terkait sanksi WADA ke Indonesia dan pembentukan satgas khusus pada Senin (18/10/2021). /Zoom Kemenpora

TOPSKOR - Gagal berkibarnya bendera Merah Putih di podium utama kejuaraan bulu tangkis Thomas Cup 2020 membuat pemerintah mendapat sorotan banyak pihak.

Sorotan utama tertuju kepada pemerintah dan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) yang dianggap lalai mengikuti peraturan Badan Anti Doping Dunia (WADA).

WADA menjatuhi sanksi setelah "gerah" karena surat peringatan pada 15 September 2021 tidak digubris hingga 21 hari masa tenggat berakhir pada 7 Oktober kemarin. 

Sebagai salah satu konsekuensi, bendera Merah Putih gagal berkibar ketika tim beregu putra Indonesia memenangi Thomas Cup 2020 pada Minggu (17/10/2021).

Pada Senin (18/10/2021) pagi, Menpora Zainudin Amali pun mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) di bawah kepemimpinan Raja Sapta Oktohari.

"Ada dua tugas tim ini, yakni untuk mengakselerasi supaya WADA segera mencabut sanksi pada LADI," kata Menpora dalam konferensi pers virtual pada awak media.

"Kemudian, mereka akan menginvestigasi kenapa ini bisa terjadi. Perkembangan ini secara resmi akan disampaikan oleh Pak Okto sebagai ketua tim."

Baca Juga: Seremoni Thomas Cup tanpa Merah Putih, LADI Ditekan Segera Selesaikan Kasus Anti-doping

Halaman:

Editor: Doddy Wiratama

Sumber: skor.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X