Menpora Dorong Pemda Papua Bentuk Lembaga Pengelola Venue PON XX

- 16 Oktober 2021, 23:43 WIB
Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Menpora Zainudin Amali (kanan) menyaksikan laga final sepak bola putra PON XX Papua 2021 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, 14 Oktober 2021.
Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Menpora Zainudin Amali (kanan) menyaksikan laga final sepak bola putra PON XX Papua 2021 di Stadion Mandala, Kota Jayapura, 14 Oktober 2021. /PB PON XX Papua

TOPSKOR - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendorong pemerintah daerah Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota untuk untuk membentuk lembaga pengelola venue-venue usai penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Zainudin Amali ingin langkah tersebut cepat dilakukan agar venue-venue tersebut tidak terbengkalai dan terawat dengan baik. 

"Beberapa waktu yang lalu sebelum PON, saya mengingatkan pada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menyiapkan satu lembaga atau badan untuk mengelola itu," kata Zainudin, Sabtu (16/10/2021). 

MENBaca Juga: Tanggapi Fenomena Perpindahan Atlet di PON, Menpora RI Angkat Bicara

Menurut Zaimudin, lembaga tersebut dapat berupa Badan Layanan Umum (BLU) yang akan mengelola venue-venue.

Sehingga venue-venue tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat baik untuk pembinaan atlet maupun kegiatan-kegiatan olahraga lainnya. 

"Memang dari pengalaman, venue-venue yang ada pada PON sebelumnya itu terlantar dan tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal karena pemrintah provinsi atau pemerintah kabupaten kota tidak menyiapkan diri jauh hari sebelum PON," ujarnya.

Menpora memastikan pihaknya dari Pemerintah Pusat khususnya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mendorong kegiatan olahraga nasional atau Kejuaraan Nasional (Kejurnas) maupun regional diselenggarakan di venue bekas PON Papua. 

Halaman:

Editor: Irfan Sudrajat

Sumber: Kemenpora


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X