Marciano Norman Sebut PON Papua Jadi Kebangkitan Indonesia dari Pandemi Covid-19

- 13 Oktober 2021, 20:16 WIB
Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman didampingi istrinya.
Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman didampingi istrinya. /PB PON XX Papua/Husni Yamin


TOPSKOR - Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua dua hari menjelang akhir. Sebanyak 633 medali emas sudah terbagi ke berbagai daerah.

Hingga Rabu (13/10) malam, Jawa Barat masih memimpin di puncak klasemen sementara. Kemudian disusul Jawa Timur (106) yang secara mengejutkan melengserkan DKI Jakarta (97) ke posisi ketiga.

Sebanyak 55 rekor tumbang di Bumi Cendrawasih. Rinciannya 11 dari atletik, 17 di angkat besi, selam (5), renang akuatik (22).

PON Papua 2021 boleh dibilang sukses. Papua mampu menggelarnya di tengah pandemi Covid-19. Sukses dari segi prestasi maupun penyelenggara. Keraguan masyarakat akan kondisi Papua yang rentan konflik juga tidak terbukti.

"PON Papua menghasilkan peningkatan prestasi dengan pemecahan rekor PON, rekor nasional, rekor Asia bahkan rekor dunia. Ini membuktikan bahwa PON yang digelar dimasa pandemi ini masih bisa memberikan prestasi yang luar biasa," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Rabu (13/10) dalam pertemuan dengan awak media peliput PON Papua di Jayapura.

Menurut Marciano, pencapaian itu terjadi setelah 65 prosen cabang olahraga menyelesaikan pertandingan. Masih ada 35 prosen lagi yang akan dipertandingkan. Sudah 576 medali emas yang tersebar atau sekitar 86 prosen dari total yang diperebutkan.

Baca Juga: PON Papua 2021: Devina Dea Pertahankan Tradisi Emas

“Persaingan juga mulai berimbang meskipun dominasi masih dipegang oleh Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan kini muncul Papua sebagai kekuatan empat besar. Seluruh peserta PON dari 34 provinsi sudah mendapat medali. Memang ada empat daerah yang belum mendapatkan emas,” ujar mantan Kepala BIN itu.

Marciano mengatakan, bahwa sebelumnya anggapan banyak orang bahwa tidak mungkin menyelenggarakan PON dalam situasi Pandemi seperti ini di Papua.

Halaman:

Editor: Suryansyah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X