PON Papua 2021: Jabar Langsung Berbenah meski Juara Umum Pencak Silat

- 12 Oktober 2021, 19:29 WIB
Atlet pencak silat Jawa Barat Hanifan Yudanin Kusumah berhasil mengalahkan Tiel Taraipos dari Papua, pada Final kelas D Putra pada PON XX Papua di GOR Toware, Jayapura, Selasa (12/10/2021).
Atlet pencak silat Jawa Barat Hanifan Yudanin Kusumah berhasil mengalahkan Tiel Taraipos dari Papua, pada Final kelas D Putra pada PON XX Papua di GOR Toware, Jayapura, Selasa (12/10/2021). /PB PON XX PAPUA/TATAN AGUS RUSTANDI

TOPSKOR - Jawa Barat terlalu perkasa di matras pencak silat. Manajer tim Jabar Mulayana beberkan kunci keberhasilan pesilat Jabar meraih gelar juara umum pada PON XX 2021 Papua.

Jawa Jarat berhasil mengemas 14 medali, di antaranya 6 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu pada final di GOR Habel Melkias Suwae, Toware, Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10).

Kontan raihan tersebut mengantar Jabar sebagai juara umum. Sekaligus mempertahankan gelar tersebut sejak menjadi tuan rumah pada PON XIX Tahun 2016.

Torehan itu juga menggeser DKI Jakarta di posisi kedua yang meraih 3 medali emas dan 3 perak dan tuan rumah Papua di urutan ketiga dengan 2 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.

"Alhamdulillah kita bisa mempertahankan juara umum meskipun kelas regu putri milik kita tidak dipertandingkan di PON XX kali ini," ujar Manager Jawa Barat, Mulayana.

Lebih lanjut dia mengutarakan, ini hasil yang luar biasa, karena dari semua nomor Jabar bisa bersaing dan memberikan hasil medali sehingga gelar juara umum di PON khususnya cabang olahraga pencak silat dapat dipertahankan.

Menurutnya kontingen pencak silat Jawa Barat tidak akan berpuas diri. Namun akan segera kembali mempersiapkan atlet untuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang dipersiapkan menuju PON selanjutnya.

"Setelah PON di Papua kami akan melaksanakan Porda untuk menjaring atlet yang nantinya akan dipersiapkan untuk PON di Medan dan Aceh," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Suryansyah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X