Perenang Cina, Sun Yang, Diberi Kesempatan untuk Bersaing di Olimpiade

- 5 Mei 2021, 10:16 WIB
Perenang Cina, Sun Yang, yang sempat dilarang bertanding selama delapan tahun akibat kasus doping.
Perenang Cina, Sun Yang, yang sempat dilarang bertanding selama delapan tahun akibat kasus doping. /Twitter @SunYangIntlFans

TOPSKOR - Perenang Cina, Sun Yang, masih punya kesempatan tampil di Olimpiade Tokyo 2020, meski tidak masuk dalam daftar entri Kejuaraan Nasional Cina.

Telah dilaporkan bahwa Sun, yang menghadapi sidang Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) pada akhir bulan ini dalam kasus doping yang sudah berjalan lama, bisa kembali ke kolam renang pada event olahraga terbesar tersebut.

Media Cina, South China Morning Post, mengutip pernyataan dari Asosiasi Renang Tiongkok, melaporkan bahwa sang atlet dapat bersaing di kompetisi alternatif pada bulan Juni untuk mencoba mencapai kualifikasi Olimpiade.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo Butuh 500 Perawat: Kami Dibutuhkan di Tempat Lain, Bukan di Olimpiade Tokyo

Itu berarti atlet berusia 29 tahun tersebut tidak akan ambil bagian dalam kejuaraan nasional minggu ini dan kualifikasi Olimpiade di Quingdao.

Potensi bagi Sun untuk lolos bisa diperolehnya lewat penampilan di Kejuaraan Dunia 2019, di mana ia memenangkan medali emas dalam gaya bebas 400 meter dan 200m, jika rekan senegaranya tidak cukup memenuhi standar Olimpiade.

Yang menarik, pada event yang digelar di Korea Selatan itu, Sun menerima sorakan dan cemoohan dari sesama perenang di podium penonton atas rekor dopingnya tersebut.

Sun bisa berenang lagi setelah larangan delapan tahun yang dijatuhkan oleh CAS dibatalkan oleh Pengadilan Federal Swiss pada bulan Desember.

Hukuman itu berhasil diajukan setelah tweet rasis dari panel CAS Presiden Franco Frattini - mantan Menteri Luar Negeri Italia - muncul.

Halaman:

Editor: Nurul Ika Hidayati

Sumber: Japan Today, InsideTheGames


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X