INABCOG Gerak Cepat Mengejar Proses Bidding Olimpiade 2032

- 30 April 2021, 19:32 WIB
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari langsung bergerak cepat.
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari langsung bergerak cepat. /KOI

TOPSKORIndonesia membuktikan keseriusannya sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Keputusan Presiden (Keppres) digenggam, Indonesia Bid Committee Olympic Games (INABCOG) bergegas menyelesaikan keperluan proses bidding.

Keppres Nomor 9 Tahun 2021 berisi tentang Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032. Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari langsung bergerak cepat.

Okto yang juga ex officio Ketua Pelaksana INABCOG mengatakan telah melaporkan draf peta jalan strategi dan rancangan induk persiapan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 serta proposal bidding dalam Rapat Terbatas yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (30/4).

Baca Juga: Keppres Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032 Terbit, KOI Bakal Tancap Gas

“Faktanya draf peta jalan strategi sudah selesai, begitu juga proposal bidding. Kami sudah menyampaikan kepada Pak Menpora (Zainudin Amali) selaku penanggung jawab INABCOG dan dalam waktu dekat kami akan bertemu Pak Wakil Presiden (Ma’ruf Amin) selaku Ketua Pengarah agar bisa dibahas di rapat antarkementerian,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta,
usai rapat.

Ia berharap, koordinasi yang terjalin dalam rapat tadi dapat memuluskan jalan Indonesia mengejar Brisbane yang sudah mendapat status preferred dialogue dari Komite Olimpiade
Internasional (IOC). Indonesia saat ini berstatus continous dialogue atau satu level di bawah Brisbane.

“Status continuous dialogue ini dipegang Indonesia dan Unifikasi Korea. Tapi, perlu diingat status ini tidak permanen. Insya Allah semua upaya ini bisa mempercepat ketertinggalan kita dari Brisbane yang sudah memulai proses bidding lebih dulu,” ujar Okto.

Rapat yang juga dihadiri Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono, serta dua anggota Komite Eksekutif Rafiq Hakim Radinal dan Teuku Arlan Perkasa Lukman ini sekaligus menjadi koordinasi pertama setelah Presiden RI Joko Widodo meneken Keppres tentang Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032 pada 13 April 2021.

Draf peta jalan strategi tersebut sekaligus membuktikan komitmen INABCOG untuk mengejar tenggat waktu perampungan peta jalan strategi sebagaimana tertuang dalam Keprres, yakni satu bulan.

Halaman:

Editor: Suryansyah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X