Korea Utara Mundur dari Olimpiade 2021 Tokyo: Keselamatan Atlet Menjadi Prioritas

- 7 April 2021, 18:34 WIB
Korea Utara tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran terhadap wabah Covid-19. /Twitter @ChannelNewsAsia

TOPSKOR - Korea Utara telah menjadi negara pertama yang memilih mengundurkan diri dari Olimpiade 2021, yang ditetapkan di Tokyo pada musim panas ini.

Dalam pernyataan resmi, kementerian olahraga negara itu mengutip ancaman berkelanjutan yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona. 

"Komite Olimpiade Republik Demokratik Rakyat Korea memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Olimpiade ke-32 atas usulan anggota untuk melindungi atlet dari krisis kesehatan global yang disebabkan oleh infeksi virus mematikan," kata Kementerian Olahraga Pyongyang dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Baca Juga: Patrick Mahomes dan Brittany Matthews Rayakan Paskah Pertama Baby Sterling dengan Foto Keluarga

Keputusan itu diambil setelah pertemuan komite Olimpiade akhir bulan lalu, di mana Menteri Olahraga Kim Il-guk hadir, tambah kementerian itu.

Laporan sebelumnya di media pemerintah mengatakan para pejabat telah bertemu untuk membahas "masalah praktis terkait dengan secara aktif menyelenggarakan event olahraga publik."

Namun, pada pertemuan itu tidak disebutkan soal kemungkinan mundur dari pesta olahraga terbesar dunia tersebut, yang dijadwalkan dari 23 Juli hingga 8 Agustus.

Kendati awalnya ditetapkan untuk musim panas 2020, Komite Penyelenggara Tokyo dengan enggan menunda event selama satu tahun karena masalah keamanan terkait pandemi Covid-19, yang pertama dalam sejarah event tersebut.

Baca Juga: Karl-Anthony Terima Suntikan Vaksin Pertama Jelang Setahun Peringatan Kematian Sang Ibu Akibat Covid

Halaman:

Editor: Nurul Ika Hidayati

Sumber: RT


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X