Sheriff Tiraspol: Klub Tanpa Negara yang Mengakui

- 30 September 2021, 09:00 WIB
Para pemai  Sheriff Tiraspol mencatat sejarah sebagai klub asal negara yang 'tidak dikenali' di Eropa yang berhasil mengalahkan Real Madrid di Liga Champions.
Para pemai Sheriff Tiraspol mencatat sejarah sebagai klub asal negara yang 'tidak dikenali' di Eropa yang berhasil mengalahkan Real Madrid di Liga Champions. /Twitter @ChampionsLeague

TOPSKOR - Trans-Dniester, sering dikenal sebagai Transnistria, adalah kandang tim Divisi Nasional Moldova, Sheriff Tiraspol, yang mencapai lompatan besar dalam sejarah klub mereka usai mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu di Liga Champions 2021/22.

Republik yang diwakili oleh klub itu terletak di hamparan kecil tanah antara negara Moldova dan Ukraina di Eropa Timur, dan dalam hukum internasional, secara resmi adalah milik Moldova.

Namun, Moldova menganggap kawasan itu sebagai negara otonom, dan wilayah itu sendiri menganggap serius 'kemerdekaannya' dari Moldova, setelah menjadi tuan rumah referendum, yang tidak diakui oleh Moldova, untuk akhirnya bergabung dengan Rusia.

Pertemuan pada Selasa malam itu menandai pertama kalinya pertandingan Liga Champions dimainkan di salah satu republik 'tidak dikenal' di Eropa.

Budaya Sheriff
Gaji bulanan rata-rata wilayah ini adalah 200 euro - sekitar Rp3,3 juta, jadi bagaimana mungkin klub seperti Sheriff mencapai Liga Champions?

Jawabannya hanyalah klub itu, yang mengendalikan 60 persen ekonomi di negara mereka.

Baca Juga: Hasil Real Madrid vs Sheriff Tiraspol Liga Champions: Los Blancos Dipermalukan di Kandang Sendiri

Sheriff Tiraspol adalah hal terbaik yang pernah muncul dari Trans-Dniester, setelah memenangi liga Moldova 19 kali sejak didirikan pada tahun 1997, dan yang menempatkan mereka di peta dunia, dengan pertemuan dengan Real Madrid dan Inter Milan.

Halaman:

Editor: Nurul Ika Hidayati

Sumber: Marca


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X