Sportradar Temukan 1.100 Indikasi Kecurangan dan Korupsi di 12 Cabang Olahraga Dunia

- 14 Oktober 2021, 10:50 WIB
Universal Fraud Detection System (UFDS)
Universal Fraud Detection System (UFDS) /sportradar

TOPSKOR - Sportradar merupakan salah satu perusahaan data yang fokus pada isu-isu seputar dunia olahraga yang bermitra dengan ratusan federasi olahraga dunia.

Dalam 18 bulan terakhir, mereka menggunakan sistem baru bernama Universal Fraud Detection System (UFDS) untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan di 12 cabang olahraga berbeda di lebih dari 70 negara di seluruh dunia.

Hasilnya mencegangkan, sejak awal masa pandemi atau tepatnya pada April 2020, UFDS telah mendeteksi lebih dari 1.100 pertandingan olahraga mencurigakan.

Bahkan 655 di antaranya terdekteksi pada sembilan bulan pertama tahun 2021. Maksud dari pertandingan mencurigaan di sini termasuk ke dalam kasus pengaturan skor hingga dugaan korupsi.

Menurut data UFDS Sportradar, sepak bola menjadi cabang olahraga yang paling berisiko korupsi dengan lebih dari 500 pertandingan mencurigakan terdeteksi pada tahun 2021 hingga saat ini.

Sekitar 40% dari aktivitas mencurigakan yang dilaporkan dalam kompetisi sepak bola domestik berasal dari liga tingkat ketiga dan di bawahnya, termasuk tingkat pemuda.

Baca Juga: PON Papua 2021: Sembilan Pejudo Papua Ditawari Jadi Anggota Polri

Kecurangan di dunia esport

Halaman:

Editor: Dini Wulandari

Sumber: Sportradar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X