Jersi Ukraina di Euro 2020 Bergambar Peta Negara, Rusia yang Kebakaran Jenggot

- 9 Juni 2021, 18:15 WIB
Seragam baru Ukraina untuk Euro 2020, yang menunjukkan peta, termasuk Crimea, yang dicaplok Rusia, telah memicu kemarahan di Moskow.
Seragam baru Ukraina untuk Euro 2020, yang menunjukkan peta, termasuk Crimea, yang dicaplok Rusia, telah memicu kemarahan di Moskow. /Twitter @ZoryaLondonsk

TOPSKOR - Tarik menarik antara Rusia dan Ukraina telah meluas ke sepak bola. Sejumlah pejabat dan anggota parlemen Rusia mencela desain jersey tim nasional Ukraina untuk kejuaraan Piala Eropa bulan ini.

Desain kuning-biru skuad Andriy Shevchenko menampilkan peta negara tersebut, termasuk Krimea, semenanjung Laut Hitam yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014 setelah penggulingan presidennya yang bersahabat dengan Moskow.

Masalahnya, sebagian besar dunia belum mengakui aneksasi tersebut. Hukum internasional pun bahkan masih mengakui Krimea sebagai wilayah Ukraina.

Baca Juga: Jelang Laga Pertama Melawan Italia, Terim: Orang Turki Bisa Memberikan Masalah

Rusia juga telah memberikan dukungannya di belakang separatis di Ukraina timur, di mana pertempuran selama tujuh tahun telah menewaskan lebih dari 14.000 orang.

Andrii Pavelko, presiden asosiasi sepak bola Ukraina, mempresentasikan seragam baru mereka tersebut di Facebook pada hari Minggu.

Sang presiden menyebutnya sebagai simbol "tanah air tunggal dan tak terbagi" yang akan menginspirasi para pemain untuk "berjuang untuk seluruh Ukraina."

Pavelko merupakan anggota komite eksekutif badan sepak bola Eropa UEFA, yang memberi persetujuan desain untuk turnamen tersebut.

“Jersi tim nasional Ukraina (dan semua tim) untuk UEFA Euro 2020 telah disetujui oleh UEFA, sesuai peraturan peralatan yang berlaku,” kata organisasi yang berbasis di Swiss itu.

Halaman:

Editor: Nurul Ika Hidayati

Sumber: AP News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X